Sabtu, 05 November 2011

Surat dari Klaten ke Buitenzorg 1921

Filateli Kuno yang Luar Biasa: Surat dari Klaten ke Buitenzorg 1921

Meskipun nilai filatelinya biasa-biasa saja, amplop yang dikirim pada 1921 ini merupakan benda koleksi yang sangat luar biasa karena si beralamat bukanlah sembarang orang.

Benda pos ini ditujukan kepada “Terhoenjoekan Padoeka Kandjeng toean Gowvernur Generaal”. Maksudnya Gubernur Jenderal, jabatan tertinggi pada zaman kolonial yang mewakili ratu Belanda sebagai kepala negeri di Hindia Belanda, yang pada masa itu dipegang oleh Johan Paul graaf van Limburg Stirum (1873-1948). Dengan pensil, kota tujuan “Batavia” (= Jakarta) dicoret dan diganti “Buitenzorg” (= Bogor).

Sang pengirim adalah “Soemirah, p/a Bokmas Pontjokartika Blateran Klatten”. Sayangnya, tiada keterangan tentang orang ini. Amplop kosong. Bisa jadi, bekas isinya disimpan di Arsip Nasional Belanda.

Eman Rais Bravo pak Olivier Johannes. Mohon ijin ikut simpan di http://tua-tradisionil.blogspot.com/ Narasumber disertakan berikut link.

Olivier Johannes Dengan senang hati saya mengizinkan bahwa artikel dan gambar disimpan di blog anda yang menarik sekali. Terima kasih.

Eman Rais Terimakasih pak Olivier.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar